SISTEM DISTRIBUSI CIRILL

Cirill air minum sehat hemat segar steril

Distribusi adalah salah satu bidang bisnis yang menjadi lingkup dan orientasi PT. Cirill Indonesia, yang saat ini fokusnya diarahkan pada pengembangan distribusi atas produk-produk yang dihasilkan sendiri, yakni Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek Cirill. Keseriusan dalam mewujudkan keberhasilan pada bidang bisnis distribusi ini ditunjukkan dengan inisiasi dalam membangun Sistem Distribusi yang sistematis, hi-tech dan integratif, yang dirancang berdasarkan pembelajaran usaha yang telah dijalankan sebelumnya, serta pengadopsian teknologi informasi yang relevan yang dapat menjadikan sistem distribusi lebih efektif, efesien dan tentunya memuaskan pelanggan . Sistem Distribusi yang telah dibangun dan tengah menjalani masa awal dalam penerapannya saat ini memiliki 3 (tiga) keunggulan sekaligus inovasi dalam bisnis distribusi AMDK, yakni :

  1.     Sistem Distribusi Berbasis Teknologi Informasi

Struktur, fungsi dan siklus jaringan distribusi telah berhasil dikonversikan kedalam Sistem Informasi Manajemen Distribusi, sehingga informasi distributor, pelayanan, transaksi, aktivitas dan pelanggan dapat diidentifikasi, dikendalikan dan dipantau secara terpusat. Pergerakan distribusi juga dapat teridentifikasi dan terpantau secara aktual, dikarenakan sistem informasi yang digunakan juga dilengkapi dengan teknologi Global Positioning System (GPS), yang menjadikan PT. Cirill Indonesia sebagai perusahaan AMDK pertama yang menerapkan pemantauan distribusi AMDK menggunakan teknologi GPS.

  1. Skema Jalur Ganda Distribusi

Jalur distribusi yang dikembangkan oleh PT. Cirill Indonesia terdiri dari: (a) Jalur Distribusi Internal, yakni jalur distribusi yang dipersiapkan, diusahakan dan dikelola sendiri oleh perusahaan, sehingga merupakan bagian dari manajemen internal perusahaan. (b) Jalur Distribusi Eksternal, yakni jalur distribusi dengan melibatkan dan memberdayakan masyarakat sebagai agen/distributor melalui persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan, serta tetap dalam pembinaan dan pengendalian PT. Cirill Indonesia. Jalur distribusi eksternal yang dikembangkan diaktualisasikan dalam format Cirill Agen (CA), Cirill Mitra Mandiri (CMM) dan Cirill Distributor Mandiri (CDM) yang sejauh ini terbukti efektif sebagai suatu konsep social-economic marketing dengan filosofi lebih baik bersama untuk bersama lebih baik.

  1. Skema Layanan Multi Akses

Sistem distribusi dirancang dengan mempertimbangkan kemudahan dan keleluasan pelanggan dalam memperoleh layanan dimanapun, kapanpun dan dengan cara apapun. Sesuai kondisi masyarakat global saat ini yang cenderung menginginkan layanan yang praktis, fleksibel dan  informatif, maka pelayanan perlu menyesuaikan dengan kesibukan dan gaya hidup keseharian para pelanggan. Karena itulah dikembangkan jalur-jalur pelayanan pelanggan (customer services) yang akomodatif dan variatif, yakni jalur SMS Centre, Call Centre, Google Talk, Yahoo Mesengger, Facebook dan E-mail. Melalui banyak pilihan jalur pelayanan pelanggan tersebut tentunya akan sangat memudahkan bagi para pelanggan dalam melakukan pemesanan produk-produk Cirill.

Dengan telah terbangunnya sistem distribusi tersebut, maka PT. Cirill Indonesia akan lebih terfokus pada efektivitas pelaksanaannya. Cakupan wilayah distribusi yang saat ini baru menjangkau Jabotabek dan Banten, secara bertahap akan diperluas bahkan mampu manjangkau wilayah di luar Pulau Jawa. Dengan kemantapan sistem distribusi yang diterapkan, maka di masa mendatang PT. Cirill Indonesia dapat memperkaya dan memperbesar jenis dan kapasitas produk yang dikelola dalam bidang bisnis distribusi ini.